Cara Agar Laris Jualan Bisnis Kuliner di Instagram

Cara agar laris jualan di instagram

Melihat besarnya jumlah pengguna istagram, anda bisa coba memanfaatkannya untuk mempromosikan produk kuliner anda. Menurut data yang dikeluarkan  oleh kopunnation pada 2019 pengguna instagram di Indonesia berada di urutan ke-4 terbesar di dunia.

Sedangkan pada periode januari hingga mei 2020 pengguna instagram mencapai 69,2 juta orang di seluruh Indonesia. Tapi anda juga harus tahu bahwa tingkat persaingan antar penjual juga tinggi, oleh karena itu penting untuk melakukan persiapan yang baik sebelum terjun ke bisnis online seperti ini.

Tips agar jualan kuliner anda laris di instagram

1. Tetapkan target pasar

Agar hasil jualan bisa maksimal, penting bagi anda untuk menentukan siapa target pasar yang anda tuju, penetapan target pasar juga berpengaruh pada jenis produk yang ingin anda tawarkan. Pertanyaannya bagaimana menentukan sasaran produk anda.

Hasil riset menunjukan bahwa tahun 2020 pengguna instagram terbesar adalah kaum hawa dan generasi melinial dan ini kemungkinan besar tidak akan berubah, jadi anda bisa mencari produk apa yang sedang populer di kalangan kaum hawa ataupun anak muda.

Misal makanan korea yang saat ini sedang populer, jadi anda bisa mencoba peluang yang satu ini.

2. Buat akun instagram khusus jualan

Penting untuk membuat akun bisnis sendiri dibanding dengan mencampur adukannya dengan akun pribadi, hal ini bertujuan agar usaha anda fokus dan konsumen akan lebih mudah mencari produk anda.

Ketika membuat akun instagram baru pastikan untuk mengganti pengaturan menjadi bisnis account. Instagram akan membantu mengatur profil bisnis anda pastikan untuk mencantumkan kontak yang dapat di hubungi agar memudahkan konsumen.

3. Perbanyak Followers

Jika sudah membuat akun, langkah selanjutnya adalah memperbanyak followers instagram. Followers inilah yang nantinya akan menjadi pelanggan potensial. Nah, bagaimana caranya agar pengikut akun anda semakin banyak, yang pertama anda bisa coba untuk mengikuti akun-akun selebritis terkenal.

Anda juga bisa meninggalkan komentar postingan tentang artis, tetapi jangan sampai berlebihan karena komentar anda akan dianggap spam. Kedua pastikan akun anda tidak di private, jadi tidak akan susah bagi orang baru untuk melihat profil anda, yang ketiga gunakan hastag agar menarik pengguna akun lain untuk berkunjung ke akun instagram anda.

4. Buat Konten Kuliner yang Menarik

Cara jualan di instagram selanjutnya adalah membuat konten, bagian ini penting di bahas secara khusus karena promosi online menekankan pada visualisasi makanan. Di instagram anda dapat menggunakan dua cara, yang pertama membuat konten foto dan yang kedua membuat konten video.

Untuk konten foto yang perlu di pertimbangkan adalah pencahayaan yang cukup, posisi objek yang akan di tonjolkan, aplikasi editing yang bisa menunjang dan jangan lupa kualitas foto yang bagus. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai editan yang dibuat terlihat berlebihan. Sehingga membuat makanan terlihat berbeda dengan aslinya, hal ini bisa jadi sumber komplen dari pelanggan.

5. Kemasan Kuliner yang Menarik

Ini masih bersinggungan dengan masalah konten, ingat visualisasi penting ketika melakukan penjualan online, konten foto dan video anda sudah menarik maka pastikan juga kemasan yang anda gunakan bagus. karena bisa jadi produk makanan yang anda jual mendapat testimoni gratis di akun pelanggan.

6. Promosikan Usaha Kuliner Anda

Sebagai usaha baru tentu anda memerlukan promosi yang baik. Cara paling mudah untuk mengenalkan produk baru adalah memberikan diskon kepada pelanggan, banyak sekali bentuk diskon yang bisa anda gunakan misalnya beli dua gratis satu atau beli satu gratis satu.

Disaat awal memulai usaha anda harus faham bahwa produk-produk jualan anda belum tentu langsung menghasilkan keuntungan. Tujuan awal dari sebuah usaha adalah mengenalkannya kepada masyarakat, jadi penting kiranya untuk membentuk branding terlebih dahulu.

Itulah 6 cara agar laris jualan bisnis kuliner di instagram yang bisa anda coba, semoga bermanfaat.

Komentar